RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPA (Biologi)
Kelas/Semester : Kelas XI
Pertemuan : 1
Materi Pembelajaran : Kelangsungan
Hidup Organisme
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
KOMPETENSI
INTI
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar
3.4
Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi dan
perkembangbiakan
4.4
Melakukan
pengamatan adaptasi mahluk hidup di lingkungan sekitar
I.
Indikator
Kognitif
1.
Mengetahui
kelangsungan hidup organisme melalui adaptasi seleksi alam dan perkembangbiakan.
2.
Mengetahui
pengertian Adaptasi dan macam-macamnya.
3.
Mengetahui
pengertian seleksi alam dan Faktor-faktor yangmempengaruhi.
4.
Mengetahui
pengertian perkembangbiakan dan macam-macamnya.
Psikomotor
Melakukan
pengamatan kelangsungan hidup makhluk hidup adaptasi dan
perkembangbiakan menggunakan
charta.
Afektif
a) Karakter
Menunjukan
perilaku berkarakter, meliputi Teliti, jujur,
peduli, tanggung jawab, bekerja sama, terbuka dan
menghargai pendapat teman.
b)
Keterampilan Sosial
Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial, meliputi:
Bertanya, menyumbang ide atau pendapat, menjadi
pendengar yang baik, komunikasi .
I.
Tujuan
1.
Siswa
dapat mengetahui kelangsungan hidup organisme melalui adaptasi dan
perkembangbiakan secara mandiri dan sesuai deskripsi yang ada pada kunci lp
produk.
2.
Siswa
dapat mengetahui pengertian Adaptasi dan macam-macamnya secara mandiri dan
sesuai deskripsi yang ada pada kunci lp produk.
3.
Siswa
dapat mengetahui pengertian seleksi alam dan Faktor-faktor yang mempengaruhi
secara mandiri dan sesuai deskripsi yang ada pada kunci lp produk.
4.
Siswa
dapat mengetahui pengertian perkembangbiakan dan macam-macamnya secara mandiri
dan sesuai deskripsi yang ada pada kunci lp produk.
II.
Materi Ajar /Bahan ajar
Kelangsungan
hidup organisme dipengaruhi oleh 3 hal, yakni adaptasi, seleksi alam serta
perkembangbiakan. Dengan beradaptasi, makhluk hidup yang mampu bertahan akan berlangsunghidupnya
, yang tidak mampu bertahan akan punah, dalam peristiwa inilah alam akan
berperansebagai penyeleksi. Sedangkan perkembangbiakan untuk melestarikan
jenisnya, sehingga kelangsungan hidupnya terjaga.
ADAPTASI
Adaptasi
adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan
lingkunganhidupnya. Berdasarkan bentuknya, adaptasi diklasifikasikan menjadi 3,
yakni: adaptasiMorfologi (bentuk tubuh), adaptasi Fisiologi ( fungsi kerja
tubuh), serta adaptasi tingkah laku (behavioral).
1. Adaptasi Morfologi
Adaptasi Morfologi
adalah penyesuaian makhluk hidup melalui perubahan bentuk organ tubuh yang
berlangsung sangat lama untuk kelangsungan hidupnya. Adaptasi ini sangat mudah
dikenali dan mudah diamati karena tampak dari luar.
Contoh: aneka jenis
paruh dan kaki burung, beragam tipe mulut serangga, aneka ragam jenis akar,
batang dan daun pada tanaman.
2. Adaptasi Fisiologi
Adaptasi Fisiologi
adalah penyesuaian diri makhluk hidup melalui fungsi kerja organ bisa bertahan
hidup. Adaptasi ini berlangsung di dalam tubuh, sehingga sulit untuk diamati.
Contoh: sistem
pencernaan khusus bagi hewan ruminansia, perbedaan sistem kerja pada tubuh
ikan air laut dan ikan
air tawar
3. Adaptasi
Tingkah Laku
Adaptasi tingkah
laku merupakan penyesuaian tingkah laku makhluk hidup terhadap lingkungantempat
hidupnya. Adaptasi tigkah laku mudah untuk kita amati karena berupa perubahan
tingkahlaku untuk untuk menyesuaikan lingkungannya.
Contoh: Mimikri
, hibernasi, estivasi, autotomi, migrasi burung saat pergantian musim,
adaptasimamalia air untuk bernafas.
SELEKSI ALAM
1.
Definisi
Seleksi Alam
Seleksi
alam adalah proses pemilihan atau penyeleksian yang dilakukan oleh alam
terhadap makhluk hidup yang dapat beradaptasi karena adanya perubahan alam,
makhluk hidup yang mampu menyesuaikan diri terhadap alam akan tetap bertahan,
sedangkan yang tidak dapat menyesuaikan diri akan tersisih (punah).
2.
Bukti-bukti
Adanya Seleksi Alam
Bukti-bukti
adanya Seleksi Alam, di antaranya adalah sebagai berikut:
a) Organisme
memproduksi keturunannya lebih banyak daripada yang bertahan hidup.
b) Ditemukan
adanya variasi di antara individu-individu dalam satu jenis.
c) Beberapa
variasi dari anggota populasi berhasil bertahan dan menghasilkan keturuna lebih
baik daripada yang lainnya.
d) Dengan berjalannya
waktu, individu-individu anak memiliki variasi yang menguntungkan, akan
mendukung pertumbuhan populasi.
PERKEMBANGBIAKAN
Perkembangbiakan
merupakan cara dari makhluk hidup untuk menghasilkan keturunanbaru dan menjaga
kelestarian jenisnya, mengingat organisme itu akan mati. Kemampuan
berkembangbiak setiap organisme tidaklah sama, ada yang cepat dan adapula yang
lambat. Menurut cara terjadinya, perkembangbiakan dibedakan menjadi dua macam,
yakni perkembangbiakan vegetative (aseksual) dan perkembangbiakan generative
(seksual).
1.
Perkembangbiakan Vegetatif
Perkembangbiakan
Vegetatif adalah terjadinya individu baru tanpa adanya peleburan sel kelamin
jantan dan sel kelamin betina (aseksual). Oleh karena itu individu baru hasil
keturunan perkembangbiakan vegetatif mempunyai sifat identik dengan induknya.
2.
Perkembangbiakan Generatif
Perkembangbiakan
Generatif adalah terjadinya individu baru dengan didahului oleh peleburan sel
kelamin jantan dan sel kelamin betina yang biasa disebut fertilisasi (pembuahan).
Perkembangbiakan generatif juga disebut perkembangbiakan seksual (dengan
kawin). Sebagian besar organisme berkembangbiak dengan generatif. Individu baru
yang dihasilkan berbeda atau hampir sama dengan kedua induknya.
III.
METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran : PBL
Metode Pembelajaran : Diskusi dan tanya jawab
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran.
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
Orientasi
: Guru dalam memberikan materi yang akan diajar
dengan menggunakan media charta agar siswa dapat memahami tentang materi.
|
10 Menit
|
Apersepsi: Guru menggali pengetahuan siswa tentang adaptasi
seleksi alam dan perkembangbiakan pada organisme dengan beberapa pertanyaan.
|
||
|
Motivasi
: Guru memberikan manfaat mempelajari materi
adaptasi dan perkembangbiakan organiseme kepada siswa dengan cara
mendemonstrasikan didepan kelas.
|
|
|
|
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
:
1. Guru menjelaskan tentang materi kelangsungan hidup organisme dengan
cara bertanya kepada siswa.
2. Guru menjelaskan tentang adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan
suatu organisme kepada siswa.
|
20
Menit
|
|
Elaborasi
:
Guru meminta siswa untuk mendiskusikan dengan
teman sebangkunya tentang beberapa masalah tentang adaptasi ( Masalahnya
terdapat dalam charta )
|
20
Menit
|
Konfirmasi
1. Guru meminta siswa menanggapi permasalahan yang yang telah didiskusikan
bersama.
2. Guru menjelaskan berbagai permasalahan yang telah didepatkan siswa dan
mengambil beberapa inti permasalahan.
|
10
Menit
|
|
Kegiatan Penutup
|
1. Guru membimbing siswa tentang konsep adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan
suatu organisme.
2. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengamati berbagai jenis
adaptasi dilingkungan sekitar dan mengaplikasikan perkembangbiakan vegetatif
dengan cara mencangkok..
|
20
Menit
|
V.
ALAT / BAHAN / SUMBER BAHAN AJAR
ALAT / Bahan:
a. tanaman
jambu air, jambu biji, mangga, rambutan, nangka, belimbing,
b. tanah yang
gembur
c. pupuk
kandang
d. pisau
atau kater yang tajam
e. gergaji
f. pembungkus
dari plastik, sabut, atau ijuk
g. tali
raffia atau pengikat
h. kantong
plastik hitam (polybag).
i. Charta
Sumber : Buku-buku
Ilmu pengetahuan Alam sekolah menengah
pertama, 2008, Pusat
Perbukuan
Departemen
Pendidikan Nasional.
VI.
Penilaian
1. Jenis penilaian:
Uji kompetensi
tertulis : Pre tes dan Pos tes.
2. PAP
Tingkat pengauasan kompetansi
|
=
|
Nilai Huruf
|
80-100%
|
32-40
|
A
|
75-79%
|
30-31,6
|
B+
|
70-74%
|
28-29,6
|
B
|
60-69%
|
24-27,6
|
C
|
50-59%
|
20-23,6
|
C+
|
25-49%
|
10-19,6
|
D
|
0-29%
|
0-9,6
|
E
|
Keterangan :
Amat Baik (A) = 5
Sangat Baik(B+) = 4
Baik (B) =
3
Cukup Baik ( C+) = 2
Cukup (C) = 1
Kurang ( D + E
) = 0
Puwokwrto, ...................... 2014
Mengetahui : Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
________________________ __________________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar